in

Dampak Buruk Anak Sering Bermain Game


Bermain game memang tidak dilarang. Hanya saja waktu bermain juga harus dibatasi. Apalagi bagi anak-anak yang masih mengalami masa pertumbuhan. Game dapat menjadi sesuatu yang buruk jika tidak dikonsumsi dengan baik. Apalagi jika anak terlalu sering dalam memainkan game dan waktu bermainnya sering melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

Karena saat ini sudah banyak sekali penelitian yang mengatakan bahwa terlalu sering bermain game dapat memberikan dampak yang sangat buruk bagi pertumbuhan dan juga perkembangan anak. Lantas apa saja dampak buruk yang akan menimpa anak jika terlalu sering bermain game? Yuk simak dulu  Dampak Buruk yang Dapat Menimpa Anak Jika Terlalu Sering Bermain Game.


1. Timbulnya Gangguan Kesehatan


Terlalu sering bermain game ternyata juga dapat membuat anak mengalami berbagai jenis gangguan kesehatan. Karena seluruh anggota tubuh hanya bisa terdiam dan tidak adanya pergerakan anggota badan yang dilakukan. Hal tersebut dapat membuat persendian sering kaku bahkan mati rasa. Jika hal tersebut terus menerus dilakukan tentunya akan menimbulkan dampak yang lebih buruk lagi.

Maka dari itu, sebagai orangtua tentunya harus dapat mengontrol dalam bermain game. Jangan dibiarkan terlalu lama dan terlalu sering. Tetapkanlah waktu yang tepat untuk anak bermain game. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan dan perkembangan anak nantinya tidak terganggu.


2. Penurunan Konsentrasi

Terlalu sering bermain game juga dapat membuat konsentrasi anak menjadi menurun. Alhasil saat anak belajar di sekolah sangat sulit sekali untuk menangkap pelajaran dari materi yang diterangkan. Terlebih jika anak sudah kecanduan terhadap game. Apapun caranya akan tetap dilakukan untuk bisa bermain game, termasuk malas untuk sekolah.
Karena jika anak sekolah akan cepat merasa bosan dan mulai kepikiran untuk bermain game. Fokus anak saat belajar akan pecah karena setiap kali belajar selalu memikirkan game secara terus menerus. Oleh karenya jika tidak ingin hal tersebut terjadi, berilah kontrol yang sangat tegas terhadap anak pada saat bermain game dan jangan sampai kecanduan.


3. Malas Bersosialiasi di Lingkungan Sekitar


Anak yang sudah kecanduan terhadap game akan lebih memilih untuk menghabiskan banyak waktunya untuk bermain game bahkan selama seharian penuh ketimbang bersosialiasi di lingkungan sekitar. Hal ini tentunya dapat menimbulkan dampak yang sangat buruk terhadap kehidupan sosial anak nantinya. Karena anak akan lebih memilih untuk berinteraksi melalui dunia maya ketimbang di dunia nyata.
Kebiasaan bermain game terlalu lamalah yang menyebabkan anak sangat susah nantinya untuk dapat besosialisasi dengan lingkugan sekitar. Alhasil jika anak ditempatkan di lingkungan masyarakat, anak akan merasa canggung dan merasa seperti orang asing karena kurangnya pergaulan yang dilakukan oleh anak. Maka dari itu, peran orangtua sangat penting sekali agar anak tidak malas untuk bersosialiasi dengan lingkungan sekitar.


Itulah Dampak Buruk yang Dapat Menimpa Anak Jika Terlalu Sering Bermain Game. Meskipun pada dasarnya tidak ada larangan untuk bermain game, namun ada baiknya agar para orangtua dapat mengontrol anak pada saat bermain game. Dan satu hal lagi jangan sampai anak kecanduan dan ketergantungan terhada game. Karena hal tersebut dapat menimbulkan dampak yang sangat buruk bagi pertumbuhan dan perkembangan anak nantinya. Semoga Bermanfaat!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Bermain Cities Skylines

Cara Menjadi Gamer Profesional