in

Enam Game Seru Bisa Kalian Mainkan Bahkan Setelah Pemblokiran KPAI

Seperti yang kita tahu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) akan memblokir beberapa game yang dianggap tidak pantas (ya, bagi anak-anak). Bagaimanapun juga, kalian bisa berhenti berteriak seperti anak di bawah umur, karena ini bukan akhir dari segalanya. Terdapat banyak sekali game yang dibuat oleh developer, bahkan setiap tahunnya bisa ada lebih dari 10 game yang diluncurkan.

Dengan itu kami masukkan Game Seru yang Bisa Kalian Mainkan Setelah Pemblokiran KPAI.

Catat ini sebelum kita mulai: Kita tidak akan memasukkan game seperti Saints Row atau Manhunt, karena cepat atau lambat KPAI akan menemukan tentang mereka.

1. Battlefield

Battlefield series merupakan franchise game First Person Shooter, di mana kalian bisa memilih bermain offline campaign atau online multiplayer. Mode online multiplayer pada Battlefield cenderung memiliki map yang sangat luas dan terbuka, kalian juga bisa menaiki kendaraan seperti jeep, tank, helikopter, jet, perahu dan lain-lain. Game ini juga memiliki beragam senjata dengan beragam attachments pada setiap senjata. Game ini sangat menyenangkan, dan saya cinta game ini. Kalian harus mencobanya, dan bersiap-siaplah ketagihan.

2. Black Squad

Bicara soal FPS, Black Squad adalah game First Person Shooter online. Apa yang unik dari game ini adalah sistem class atau special skills di mana kalian memilih satu dari empat special skills dengan beberapa gadget dan jebakan tertentu untuk memberi tim kalian kelebihan dalam satu pertandingan. Hal lain yang sangat bagus dari game ini adalah graphics. Map game ini bervariasi dari yang sedikit terbuka, map lurus khusus head-to-head dan beberapa map menyerupai labirin. Cobalah game ini, dan coba lihat apa kalian menyukainya.

3. Fallout 3 dan New Vegas

Mari ke game yang bisa di-mod. Fallout 3 dan Fallout: New Vegas adalah game FPS berlatar di kota-kota besar Amerika Serikat pada saat post-apocalyptic. Game-game tersebut memiliki dunia yang luas dan beberapa tempat di dunia nyata yang bisa kalian kunjungi. Di game ini kalian bertarung melawan raiders, super mutant dan ghoul kemudian bekerjasama dengan beberapa faksi untuk menggapai tujuan tertentu. Hal lain yang menurut saya juga bagus dari game ini adalah fakta bahwa kalian bisa memilih gaya bertarung kalian: stealth, melee, ranged everytime dan sedikit menuntut kalian untuk konsisten soal hal tersebut.

4. XCOM: Enemy Unknown dan 2

Komisi Perlindungan Anak tidak perlu mengkhawatirkan game yang terbilang mendidik. Di game ini kalian berperan sebagai seorang komandan dari sebuah organisasi yang memiliki misi untuk melawan Alien. Kalian bertugas mengatur sebuah serangan, kemudian mengelola sumber daya dan markas kalian. Mungkin kalian sudah pernah dengar, bahwa di game ini, kalian akan merasa terikat secara emosional kepada tentara-tentara kalian. Itu bagus, tapi sebaliknya jika tentara tersebut terbunuh di medan pertarungan. Seperti yang saya bilang, game ini mengajarkan kesabaran dan pengelolaan sumber daya kepada kalian.

5. Souls Series

Demon Souls, Dark Souls 1 hingga 3 dan (termasuk) Bloodborne memiliki reputasi yang luas soal hal tingkat kesulitan. Mereka bukan game di mana kalian bisa menyayat hanya karena kalian bisa menekan tombolnya, tapi terdapat suatu pola dan strategi yang harus kalian perhitungkan, dan itu juga tidak mudah. Bukan hanya musuh yang harus kalian khawatirkan, karena kadang-kadang lingkungan di dunia mereka tidak lebih bersahabat daripada makhluk-makhluk yang harus kalian lawan, dan itu hal lain untuk diperhitungkan. Dan ya, game-game ini bukan untuk kalian yang agresif dan mudah menyerah.

6. Rainbow Six

Rainbow Six series memiliki gaya yang cukup berbeda dengan kebanyakan game FPS zaman sekarang. Seri game ini bisa kalian bilang, lebih realistis, karena satu tembakan di kepala, kalian mati. Tidak ada regenerasi HP. Tidak ada gimmick tentara super dan semacamnya. Kalian memainkan satu regu anti-teroris biasa yang menyelesaikan misi dengan strategi. Kalian tidak bisa masuk ke ruangan terburu-buru hanya karena kalian belum tertembak sama sekali.

Itu dia enam contoh game seru yang bisa kalian mainkan bahkan setelah pemblokiran KPAI. Saya tahu, saya juga tidak begitu setuju dengan keputusan KPAI, tapi berharap saja tidak ada pihak yang dirugikan, dan KPAI tidak ngeyel seperti orang-orang yang mereka coba lindungi (anak di bawah umur) setelah mendengar protes kita. Dan sebagai catatan akhir: saya tidak tahu apa game-game di atas juga akan diblokir.

Jadi, apa ada game lain yang ingin kalian sarankan? Beritahukan di komentar, dan saya akan temui kalian lagi di postingan selanjutnya.

–And as always, have a nice day–

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Game Yang Diharap Mendapat Versi AR

Tips Bermain Game FPS Point Blank